Saturday 3 August 2013

Router 3G TP-Link vs OpenWrt ( MR-3420 dan MR-3220 ) Bagian 1

3G RouterMR-3420 dan MR-3220merupakan router keluaran dari produsen ternama TP-LINK dengan harga terjangkau router ini tergolong powerfull, fitur dan kelengkapan yg ditawarkan luar biasa. Hampir semua kebutuhan umum akan internet sharing tersedia dalam router ini, dengan interface yang sangat friendly dan setting yg mudah bahkan oleh pemula sekalipun membuat router ini layak untuk dipertimbangkan. Namun demikian gak ada sesuatu yg full sempurna, dalam perkembanganya pengguna juga memiliki kendala dalam penggunaan router ini, misalnya: panas, lama dalam mendeteksi modem, modem tidak dikenali, dan sebagainya. Jika kita melakukan kontak dengan representative TP-LINK memang mendapat respon yang cepat namun adakalanya solusi juga tidak dapat secepat yang kita inginkan.

Nah untuk solusi dari kekurangan diatas mungkin ada alternatif yg bisa kita coba, yaitu dengan mengupgrade Firmware router dari Firmware bawaan TP-LINK dengan Firmware OpenWrt.


Apa itu OpenWrt...?
OpenWrt adalah sebuah proyek open source untuk menciptakan sebuah sistem operasi gratis (sebenarnya lebih tepat disebut Firmware) yang bisa di install (lebih tepatnya ditanam/di-embedded) pada perangkat radio wireless. Karena dibuat dengan menggunakan kernel Linux maka Openwrt bisa sebut sebagai salah satu distro Linux untuk perangkat embedded (embedded devices).

Pada awalnya, dukungan OpenWrt hanya terbatas pada seri Linksys WRT54G, namun sekarang sudah mendukung berbagai chipset, produsen dan perangkat wireless lainnya seperti D-Link, EnGenius(Senao), 3Com, Motorola, Mikrotik dan masih banyak lagi, silahkan lihat di situs Openwrt, pada bagian dukungan hardware.
Untuk melakukan konfigurasi OpenWrt, bisa dilakukan melalui tampilan grafis (GUI) yang bisa diakses melalui browser dan juga melalui text mode (CLI) dengan remote ssh. Untuk belajar dan mendapatkan banyak informasi tentang OpenWrt, dukungan teknis bisa didapatkan melalui forum dan IRC channel.
itu adalah sekilas tentang OpenWrt. dan disini kita akan mencoba melakukan sesuatu (Mengupgrade Firmware)pada TP-Link MR-3220 karena saya punyanya yg MR 3220 bagi yg punya MR-3420 langkahnya sama aja....
Ok .... Langsung saja kita menuju ke TKP...hehehe.


1. Persiapan

Sebelum melakukan Flashing Upgrade kita perlu mempersiapkan segala kebutuhan diantaranya:

Router 3G MR-3220 dari TP Link.
Kompuer yg ada Port Lan atau Laptop.untuk melakukan setting.
Firmware OpenWRT bisa cari di Google.com atau download dibawah....
Firmware Original TP-Link bisa di download dari Situs resmi TP-Link, ini untuk berjaga2 kalo nanti ternyata Flashing gagal bisa kita kembalikan ke firmware bawaannya.
2. Instalasi Router

Sebelum kita melakukan flashing kita lakukan instalasi perangkat kerasnya

Pasang Antena Router
Hubungkan kabel lan dari port lan di router ke prt lan di laptop atau komputer sobat.
Masukkan catu daya router, setelah router aktiv atau menyala kita siap melakukan setting dan flashing upgrade.
3. Flshing Upgrade TP Link ke OpenWrt

Nah bila langkah diatas sudah dipenuhi tiba saatnya kita kelangkah inti yaitu flashing upgrade

Yg perlu diperhatikan dengan langkah ini adalah pada waktu melakukan Flash Upgrade Catu daya atau Listrik tidak boleh terputus atau Mati, jika ini terjadi maka router akan mengalami kerusakan atau damage!...
Kalau sudah jelas mari kita lakukan langkahnya:

1. Masuk pada halaman Administrator Router, menggunakan browser di halaman: http://192.168.1.1 dan masukkan user : admin , password : admin
2. Setting Router TP Link ke pengaturan awal router ( Factory Defaults ) Caranya: masuk ke MENU>System Tools> Factory Defaults>Restore….







Selanjutnya router akan melakukan Rebooting secara otomatis.
3. Setelah selesai rebooting kita masuk ke halaman administrator kembali (Langkah ke 1) lalu akan mulai meng upgrade Firmware OpenWrt dengan langkah sbb:

MENU>System Tools> Firwmare Upgrade>Chose file...

arahkan ke tempat dimana file Openwrt yg tadi kita persiapkan,







Lalu tekan Upgrade.
Tunggu dan jangan melakukan apa2 hingga proses selesai, Jika selesai Router akan melakukan Rebooting secara otomatis.
Jika proses selesai maka anda akan mendapati halaman berikut:





atau masuk ke alamat browser dengan http//:192.168.1.1 dan bila halaman diatas muncul....
Selamat anda telah sukses melakukan Upgrade ke OpenWrt.... dan lanjutkan ke tahap setting.

Untuk setting kita ke bagian 2 ya sob ...... :) happy sharing.

No comments:

Post a Comment