Thursday 26 January 2012

hard disk ata vs sata...:)

Salah satu perbedaan yang terlihat antara ATA dan SATA adalah jenis kabel. SATA menggunakan jenis kabel yang lebih kecil, dibanding ATA yang menggunakan kabel yang lebar dengan 80 Pin.




Dari segi harga, dengan kinerja yang jauh lebih baik, sangat wajar bila hard disk jenis SATA memiliki harga yang sedikit lebih mahal, tapi rasanya itu layak bila dibandingkan dengan kemampuan yang dimilikinya. Tapi kondisinya, saat ini semakin jarang hard disk jenis ATA yang beredar dipasar.


ini bisa membuat harga hard disk jenis ATA justru lebih mahal dibandingkan dengan hard disk jenis SATA.
karena hard disk jenis ata sekarang sudah tidak diproduksi lagi dan jika ada itupun second...:D wkwkwk... jadi sekarang teknologi semakin berkembang dan semakin moderen...:)

Terlepas dari kita bisa memilih memakai jenis yang mana, atau suka jenis yang mana, melihat bahwa semakin lama maka pastinya hard disk jenis SATA ini yang akan menjadi standar hard disk pada komputer. Dan melihat pergerakan industri komponen komputer yang selalu berusaha memberikan yang terbaru, maka sudah tidak aneh lagi kalau beberapa tahun kedepan, sudah tidak ada lagi jenis Mainboard yang mendukung hard disk jenis ATA...:)


No comments:

Post a Comment